Mengenali Iglesia Maradoniana, Agama Penyembah Maradona

Posted on

 

 

Diego Maradona sering dipandang seperti dewa sepakbola dunia. Sedikit fansnya bahkan juga melakukan tindakan lebih jauh dengan membangun agama spesial untuk memuja El D10S!
Untuk warga Argentina, Maradona ialah pahlawan dan salah satunya putra terbaik bangsa. Saat masih aktif selaku pemain sepak bola, ia sukses mengantar negaranya meraih juara Piala Dunia 1986.

Akhirnya saat Maradona wafat pada Rabu (25/11/2020) malam WIB, rakyat Argentina bersedih. Pemerintahan negeri Amerika Latin itu langsung umumkan hari berdukacita nasional sepanjang 3 hari untuk menghargai bekas bintang Napoli itu.

Beberapa penganut Iglesia Maradoniana jadi salah satunya yang paling terpukul atas berita kematiannya Diego Maradona. Bukan apa-apa, El Pibe de Oro telah dipandang seperti Dios (Tuhan) untuk mereka.

Iglesia Maradoniana atau Gereja Maradona ialah agama yang dibangun oleh tiga fans Maradona, yaitu Hector Campomar, Alejandro Veron dan Hernan Amez, di Rosario, Argentina, pada 1998

Mereka mengumpulkan beberapa penggemar Maradona untuk share cinta dan kasih sayang ke pujaannya itu.

Merilis 90min, Iglesia Maradoniana mempunyai seputar 120 ribu sampai 200 ribu anggota yang tercatat di lebih dari 130 negara. Tiap pekannya, mereka melangsungkan aktivitas penyembahan pada Maradona.

Sama dengan agama biasanya, Iglesia Maradoniana ikut mempunyai doa-doa sendiri dan semua terkait dengan Diego Maradona. Penganutnya dibaptis saat sebelum diterima masuk di dalam jamaah.

Tidak itu saja, Iglesia Maradoniana memiliki hari-hari keagamaannya sendiri. Hari Natal mereka merayakan di saat ulang tahun Maradona tanggal 30 Oktober, sesaat Paskah pada 22 Juni, hari waktu El D10S cetak 2 gol ke gawang Inggris di Piala Dunia 1986.

“Agama kami ialah sepakbola dan, seperti seluruh agama yang lain, kami harus mempunyai Tuhan. Kami tidak pernah lupakan fenomena yang ia perlihatkan di atas lapangan dan semangat yang ia bangunkan ke kami,” kata Alejandro Veron, pendiri Iglesia Maradoniana, diambil dari 90min.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *