Dari Manchester United buat Indonesia: Selamat Hari Batik Nasional!

Posted on

Indonesia rayakan Hari Batik Nasional pada tanggal 2 Oktober ini. Manchester United ikut ucapkan selamat bagi beberapa fansnya di Tanah Air.
Batik adalah salah satunya budaya asli punya Indonesia. Kesenian batik ini telah diketahui semenjak jaman kerajaan Majapahit serta terus berubah di sejumlah kerajaan yang berada di Nusantara, khususnya Pulau Jawa.

Sebelumnya, batik terbatas dipakai untuk baju raja serta keluarga, dan beberapa penganutnya di kraton. Makin lama, kesenian ini dibawa keluar serta ditiru warga luas, dan dipakai untuk beberapa pekerjaan seperti pernikahan sampai acara-acara sah yang lain.

Sekarang ini, batik sudah disadari untuk peninggalan budaya dunia oleh UNESCO. Instansi PBB yang mengurus kebudayaan serta pendidikan itu memutuskan batik untuk Peninggalan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan serta Nonbendawi.

Merilis situs sah UNESCO, batik diputuskan untuk peninggalan kebudayaan dunia pada 2 Oktober 2009

Tanggal itu selanjutnya dibuat untuk Hari Batik Nasional oleh pemerintah Indonesia.

Berkaitan Hari Batik Nasional, perkataan selamat bukan hanya tiba dari beberapa pesohor di Tanah Air. Manchester United, club pemilik gelar Liga Inggris paling banyak, ikut berpesan perayaan bagi beberapa fansnya di Indonesia.

Perkataan selamat dari MU itu dikatakan lewat account sah Instagram-nya, Jumat (2/10/2020). Club asal Manchester itu mengupload gambar kartu perkataan memiliki warna merah dengan hiasan batik pola ketupat.

“Selamat Hari Batik Nasional untuk Indonesia! Silahkan menjaga kelestarian budaya! #NationalBatikDay #HariBatikNasional #MUFC,” demikian isi pesan yang dituliskan Manchester United lewat account @manchesterunited.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *