Akan Ada GP Arab Saudi di Formulasi 1 2021

Posted on

Formulasi 1 diperkirakan datang di Arab Saudi tahun kedepan. Ini bisa menjadi kali pertamanya balapan diadakan di negara Timur tengah itu.
Seperti dikabarkan BBC serta Motorsport, agenda sesaat balapan untuk F1 2021 telah dikasih ke sepuluh team peserta. Dari daftar itu, GP Arab Saudi gagasannya akan diadakan untuk tahun akhir.

Balapan di negara minyak itu akan dilaksanakan di circuit jalan raya kota Jeddah. Hal tersebut karena posisi circuit yang terdapat di Qiddiyah City masih juga dalam proses pembangunan. Bila tidak ada masalah, balapan akan beralih ke circuit mulai 2023.

Sementara kini, ada 23 seri balapan yang diperkirakan akan diadakan, dengan GP Australia untuk Maret 2021 diperkirakan selaku seri pembuka. Tetapi jumlah itu belum disahkan serta masih dapat berbeda.

Sebelumnya masuk di Formulasi 1, awalnya Arab Saudi telah terlebih dahulu mengambil sisi dalam gelaran Formulasi E semenjak 2018

Untuk gelaran balapan mobil listrik itu, circuit yang digunakan ialah jalan raya kota Riyadh.

Tetapi masuknya GP Arab Saudi dalam ajang F1 diprediksikan tidak akan terlepas dari kritik, mengingat cara ini dipandang sisi dari usaha sportswashing yang sejauh ini dihubungkan ke negara itu.

Sebelumnya, beberapa moment olahraga internasional sudah diadakan di Arab Saudi. Tidak hanya Formulasi E, tetapi ada pula Piala Super Spanyol, Piala Super Italia sampai persaingan perebutan gelar tinju kelas berat di antara Anthony Joshua versus Andy Ruiz Jr.

Dana Investasi Khalayak (PIF) punya pemerintahan Arab Saudi juga lakukan usaha pemerolehan Newcastle United pada awal tahun 2020, tetapi tertahan di step tes kelaikan pemilik yang dilaksanakan kewenangan Premier League serta pada akhirnya mundur dari perundingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *